Kurikulum


KURIKULUM





SD Islam Sabilillah Malang merupakan Sekolah Dasar unggulan dalam pembentukan karakter keislaman dan kebangsaan serta pengembangan kecendekiaan siswa bertaraf internasional. Mengacu pada hal tersebut, maka kurikulum yang dikembangkan oleh SD Islam Sabilillah Malang meliputi Kurikulum Nasional dan Kurikulum Muatan Lembaga.
  1. Kurikulum Nasional
SD Islam Sabilillah Malang mengembangkan dan menerapkan Kurikulum 2013 dengan pendekatan tematik integratif.Adapun Struktur kurikulum SD Islam Sabilillah Malang secara rinci adalah sebagai berikut:
NOKOMPONENKELAS
IIIIIIIVVVI
JPJPJPJPJPJP
Mata Pelajaran Nasional (KEL. A) 
1Pendidikan Agama dan Budi Pekerti644444
2Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan776555
3Bahasa Indonesia8910888
4Matematika8910888
5Ilmu Pengetahuan Alam338
6Ilmu pengetahuan Sosial334
Mata Pelajaran Nasional (KEL. B)
1Seni Budayaan & Ekstra Seni444442
2PJOK & Ekstra Olah Raga444442
Mata Pelajaran Muatan Lokal & Lembaga  
1Pembelajaran Al-Qur’an101010644
2Bahasa Jawa222222
3Takallam Bil Arabiyah222344
4We Can Speak222344
5Pendidikan Kepramukaan & Leadership22222
JUMLAH555555555555
2d
2. Kurikulum Muatan Lembaga
Kurikulum Muatan Lembaga yang dikembangkan secara profesional oleh SD Islam Sabilillah Malang, mencakup:


NO.KEGIATANRINCIAN KEGIATAN
1. Penanaman Aqidah Pagi (PAP)
a.      Dilaksanakan setiap hari Selasa-Jum’at (sesuai jadwal masing-masing kelas)
b.      Materi yang diberikan berupa kajian hadits atau ayat Al Qur’an sederhana terkait dengan kehidupan sehari-hari
c.       Materi disampaikan secara klasikal atau kelompok pada kelas paralel di luar kelas (Hall/lapangan)
2.Shalat DhuhaShalat dhuha dilaksanakan setiap hari Senin – Jum’at pukul 07.00 – 07.15 WIB
3.Pembelajaran Al Qur’an
a.      Setiap hari siswa belajar Al Qur’an (“Every Day with Al Qur’an”) dengan metode Sabilillah bil Qalam (SBQ)
b.      Sebelum mengikuti pembalajaran Al Qur’an semua siswa kelas I akan mengikuti placement tes penempatan kelompok.
c.       Pembelajaran dilaksanakan secara kelompok yang terdiri dari 15 siswa dengan dibimbing  oleh satu guru Al Qur’an yang kompeten di bidangnya.
d.      Target pembelajaran Al Qur’an : siswa khatam Al Qur’an pada kelas IV.
e.      Untuk mendukung pencapaian target, siswa dibekali buku pantau pembelajaran Al Qur’an (pembiasaan mengulang bacaannya/mengaji di rumah) dan buku menulis huruf arab.
f.        Bagi siswa yang telah khatam Al Qur’an mendapatkan bimbingan hafalan Juz 30 (Juz Amma) dan surat pilihan lainnya

4


Program Amal Sosial


a.      Amal jariyah siswa dikumpulkan melalui wali kelas secara rutin setiap hari Jum’at dan seputar hari-hari besar Islam.
b.      Uang amal jariyah disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerima melalui kegiatan sosial keagamaan.
5.Program Shalat Berjama’ah
a.      Bertujuan untuk membina pembiasaan wudlu dan  shalat 5 waktu berjamaah dengan bacaan dan gerakan shalat yang benar.
b.      Ananda wajib membawa perlengkapan alat shalat setiap hari yaitu mukena putih terusan, sajadah, & sandal (putri) dan sarung, sajadah, kopyah hitam, sandal (putra).
c.       Shalat berjamaah untuk siswa kelas I – III dilaksanakan secara berkelompok dibimbing oleh guru kelas di Serambi Masjid Sabillillah, dengan bacaan shalat dilafalkan (dibaca keras)
d.      Shalat berjamaah kelas IV – VI dilaksanakan di dalam masjid Sabilillah bersama dengan jama’ah umum.
e.      Selain shalat wajib, khusus siswa kelas III – VI terdapat tambahan salat sunnah Dhuha pada pagi hari, istighosah, sholawat nabi, &  bacaan tahlil.
6.Pembelajaran Bahasa Daerah
a.      Pembelajaran bahasa daerah ditekankan pada aspek pembiasaan berbahasa jawa yang baik dan benar serta pengenalan budaya bangsa
b.      Pembelajaran bahasa jawa dilaksanakan mulai kelas I sampai dengan kelas VI (kelas I dan II melalui pendekatan tematik)

7.Program Kunjungan Tematik
a.      Kunjugan wisata dilaksanakan sekali dalam sebulan disesuaikan dengan tema pada pembelajaran tematik kelas I-III, (untuk kelas IV-VI sekali dalam satu semester dengan lokasi kunjungan di luar kota Malang)
b.      Obyek kunjungan meliputi tempat wisata, cagar budaya, kantor pemerintahan, alam terbuka, tempat umum dan lain-lain sesuai tema pembelajaran.

8.Kegiatan Upacara Bendera
a.      Bertujuan untuk melatih kedisiplinan, memupuk cinta bangsa dan negara,
b.      Setiap siswa diwajibkan mengenakan seragam upacara yang lengkap
c.       Dilaksanakan setiap hari Senin dan pada hari nasional lainnya

9.Kegiatan Pramuka
a.      Bertujuan melatih kedisiplinan, kreativitas  dan hidup sederhana
b.      Kegiatan pramuka wajib diiukuti oleh semuasiswa kelas III – V dibimbing oleh Kakak Pembina pramuka yang profesional
c.       Dilaksanakan pada pada setiap hari Sabtu sebelum kegiatan ekstrakurikuler
10.
We Love…
(Pendidikan Karakter )


Pendidikan karakter bukanlah mata pelajaran melainkan program pembiasaan karakter baik yang terintegrasi dalam semua kegiatan pembelajaran di sekolah
11.Pembelajaran Bahasa InggrisPembelajaran bahasa inggris dilaksanakan melalui kegiatan praktis pembiasaan berbahasa inggris dengan metode pembelajaran yang menyenangkan.
12.
D.E.A.R.S
(Drop Everything And Read in Sabilillah)

SISTEM PEMBELAJARAN

SD Islam Sabilillah Malang merupakan satuan pendidikan yang mengembangkan seluruh potensi anak, melalui berbagai macam kegiatan pembelajaran yang bervariasi.
A. Waktu Belajar
  1. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan pada hari Senin – Jumat pada pukul 06.40 – 15.25 WIB (fullday).
  2. Hari Sabtu khusus kegiatan ekstrakurikuler dan pulang sekolah pada pukul 11.15 WIB
  3. Bagi siswa kelas I awal tahun pelajaran akan mengikuti kegiatan belajar semi full day selama 1 bulan pertama yaitu mulai pukul 06.40 – 13.00 WIB. (masa adaptasi pola belajar fullday school)
  4. Rincian jadwal kegiatan belajar senin – kamis sebagai berikut:
    SENIN – KAMIS
    JAMWAKTUKEGIATAN
    006.40 – 07.30Upacara/Shalawat/Senam/Shalat Dhuha/EDE’S/DEARS
    107.30 – 08.05Pelajaran 1 (2 JP)
    208.05 – 08.40
    308.40 – 09.15Pelajaran 2 (2 JP)
    409.15 – 09.50
    09.50 – 10.20ISTIRAHAT
    510.20 – 10.55Pelajaran 3 (2 JP)
    610.55 – 11.30
    11.30 – 12.40Shalat + Asmaul Husnah & Makan
    712.40 – 13.15Pelajaran 4 (2 JP)
    813.15 – 13.50
    913.50 – 14.25Pelajaran 5 (2 Jp)
    1014.25 – 15.00
    15.00 – 15.25Shalat Ashar
    15.25 – 15.30Doa Pulang
    5. Rincian jadwal kegiatan belajar hari jum’atsebagai berikut:
    JAMWAKTUKEGIATAN 
    006.40 – 07.15
    Shalat Dhuha +
    Refleksi PKS
    107.15 – 07.50Pelajaran 1 (2 JP)
    207.50 – 08.25
    308.25 – 09.00Pelajaran 2 (2 JP)
    409.00 – 09.35
    09.35 – 10.05Istirahat
    510.05 – 10.40Pelajaran 3 (2 JP)
    610.40 – 11.15
    11.15 – 13.00Salat Jumat & Makan
    713.00 – 13.35Pelajaran 4 (1 JP)
    813.35 – 14.10
    914.10 – 14.45Pelajaran 5 (1 JP)
    14.45 – 15.00Rekap  Buku Pantau Karakter
    15.00 – 15.25Shalat Ashar
    15.25 – 15.30Doa Pulang
    6. Rincian jadwal kegiatan belajar hari sabtusebagai berikut:
    JAMWAKTUKEGIATAN 
    006.40 – 07.00Gerakan Sabilillah Bersih
    107.00 – 08.10Ekstra Pramuka
    2
    308.10 – 09.30Ekstra Olah Raga
    4
    09.30 – 09.45Istirahat
    509.45 – 11.05Ekstra Seni
    6
    11.05-11.15Doa Pulang
    B. Pola Pembelajaran

  1. Kegiatan belajar mengajar di SD Islam Sabilillah Malang melalui pendekatan, metode dan media pembelajaran modern yang secara kontinyu dikembangkan dengan bimbingan Tim Pengembang Pendidikan Islam Sabilillah Malang.
  2. Setiap kelas terdiri dari 34 siswa.
  3. Pembelajaran kelas I -VI menggunakan Kurikulum 2013 denganPendekatan Tematik Integratif yaitu sistem pembelajaran terpadu dari semua aspek mata pelajaran yang disajikan dalam sebuah tema tertentu.
  4. Pada setiap akhir tema atau kompetensi dasar dilakukan evaluasi (uji kompetensi) dan program remidial bagi siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM SDIS bervariasi dan minimal : 75).
  5. Kegiatan pagi, istirahat, pembelajaran makan siang, salat berjamaah dan pendidikan karakter dibimbing oleh 2 orang wali kelas
  6. Secara keseluruhan guru SD Islam Sabilillah Malang adalah lulusan Magister Pendidikan (S2) dan Sarjana Pendidikan (S1) yang berkompeten di bidangnya.
  7. Pembiasaan berbahasa inggris dan Arab dilaksanakan setiap hari (“We can speak English and Arabic”).
B. Akuntabilitas Belajar
  1. Penilaian yang dilakukan adalah penilaian autentik dalam proses pembelajaran maupun di akhir pencapaian kompetensi dasar
  2. Pada setiap hari Sabtu, guru menyampaikan hasil perkembangan belajar Ananda dalam bentuk Lembar Portofolio (Lembar Kegiatan Siswa/LKS, Uji Kompetensi, dan produk hasil belajar lainnya) yang telah dilaksanakan selama 1 minggu dalam Map Portofolio.
  3. Map portofolio dibawa pulang siswa untuk diperiksa orang tua (memberikan tanda tangan pada lembar portofolio) dan memberikan masukan/komentar jika diperlukan
  4. Pada hari senin, map portofolio dikembalikan lagi ke sekolah melalui Ananda di kelas masing-masing.
  5. Setiap awal bulan, sekolah menyampaikan laporan perkembangan belajar Ananda selama satu bulan dalam bentuk Laporan Akuntabilitas Pendidikan.
  6. Laporan akuntabilitas pendidikan tersebut berisi nilai ulangan harian, portofolio,pengamatan dan perkembangan pendidikan karakter siswa.












First
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Tentang Kami

Tentang Kami VISI Terwujudnya Lembaga Pendidikan Islam unggulan dan rujukan dalam pembentukan karakter keislaman, kebangsaan, dan...

About Me

authorHello, my name is Jack Sparrow. I'm a 50 year old self-employed Pirate from the Caribbean.
Learn More →

Post Top Ad

Your Ad Spot

Follow Us @soratemplates

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Ad Banner
Adbox

Latest Tweets

test